Welcome Guest [Log In] [Register]

-
Announcement

Welcome to Digital World!

Forum ditutup sampai waktu yang tidak ditentukan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan anda.


Digital World adalah sebuah forum Roleplay bertema Digimon Franchise, di mana member dapat memainkan peran sebagai Digimon, sekaligus Digi-Destined.

Saat ini adalah Siklus V

Registrasi untuk siklus V akan diadakan pada:
23-25 November 2012, pada pukul 19.00 WIB (23) sampai dengan 19.00 WIB (25)

Layanan Digivolusi dibuka dari:
16-17 November, pukul 19.00 WIB

Timeline saat ini adalah
1 April - 30 Juni 2003

Event untuk siklus ini:
---

Tingkatan tertinggi saat ini adalah Gen-3. Harap dibaca.

Harap cantumkan timeline JELAS saat membuat topik RP!!

Bagi member yang e-mail validasinya tidak terkirim, gunakan fasilitas "Resend Validation" di pojok kiri atas forum untuk mengirim ulang e-mail validasi.

Links

Status Point dan Sistem Pertarungan
Tentang...
Hak cipta Digimon Franchise ada di tangan BANDAI Inc dan pihak yang terkait dengan proses penciptaannya (khususnya pada Akiyoshi Hongo). Adapun forum ini hanya digunakan sebatas hiburan dan hobi belaka, tanpa adanya usaha untuk mendaur keuntungan finansial.
Selamat datang di Digital World.

Forum ini merupakan forum roleplay berbahasa Indonesia yang mengambil tema dari seri Digimon. Di dalam forum ini sendiri, latar dunia yang digunakan merupakan AU dari seri digimon itu sendiri, dengan menggabungkan banyak versi konsep digimon, baik itu dari game, anime, manga (dan komik), maupun toys.

Registrasi untuk member terbuka setiap dua bulan sekali, biasanya pada akhir bulan. Info lebih lanjut dapat dilihat di bagian Announcement ataupun Calendar.

Username:   Password:
Status Points dan Battle System
Topic Started: Jul 2 2011, 01:27 AM (1,333 Views)
ASGARD
Administrator
Status Points, Abilities, and Experiences

Digital World mengadaptasi sistem status poin untuk manusia dan digimon sebagai sarana untuk melihat tingkat kekuatan digimon, keistimewaannya, dan kekuatannya. Selain itu, poin status ini dipatok berdasarkan tingkat digimon yang dimaksud.

Experience, baik untuk Digimon dan Digi-Destined, diukur dari jumlah pos yang dipunya. Tentu saja, ketika masing-masing mencapai jumlah tertentu, digimon diperbolehkan untuk berdigivolusi sesuai dengan garis evolusinya, tentunya setelah memenuhi syarat-syarat pasti dan/atau tersembunyi. Untuk Digi-Destined, ketika experience mereka sampai pada nilai tertentu, ada beberapa skills dan ability supportif yang bisa diambil untuk membantu partner-nya dalam pertarungan. Penjelasan lebih lanjut tentang digivolusi dapat dibaca di sini.

For Digimon...
Status
Terdapat tiga status yang dipakai sebagai parameter kekuatan digimon, yaitu STR, VIT, dan AGI. Ketiga status tersebut berfungsi sebagai:
  • STR menjadi penentu seberapa efektif eksekusi serangan,
  • VIT menjadi penggagal serangan, dan
  • AGI menjadi faktor untuk menghindar dari serangan.

Setiap digimon dengan level yang sama memiliki total STR dan VIT yang sama pula, terkecuali beberapa digimon yang memiliki titel tambahan (semisal, Ancients atau Olympian Twelves). Selain itu, beberapa digimon yang mendapatkan berkah dari kuil-kuil elemental di penjuru dunia digital berhak mendapat ekstra poin, jika elemen kuil tersebut mendukung perkembangannya.

Jumlah status dibagi berdasarkan tingkat digimon dan member berhak untuk mendistribusikan status tersebut pada STR, VIT, dan/atau AGI. Adapun jumlah status yang bisa didistribusi berdasarkan level:
Jumlah Status yang Bisa Dibagi
LevelGen-1Gen-2Gen-3Gen-4
Fresh - - - -
In-Training23283340
Rookie39475668
Champion668096115
Ultimate113136163195
Mega192231277332

Harap diingat bahwa setiap digimon HARUS minimal memiliki nilai 1 (satu).

Selain tiga status di atas, terdapat dua turunan dari status tersebut, yaitu HP dan SPC, dengan fungsi sebagai berikut:
  • HP menjadi penentu kesehatan digimon, dan
  • SPC sebagai tambahan kekuatan menyerang dalam satu serangan atau kekuatan bertahan ketika memutuskan untuk bertahan (penjelasan lebih lanjut dapat dibaca di bagian sistem bertarung.

Tidak seperti tiga status di atas, HP dan SPC dari digimon sudah ditetapkan oleh pihak staff, dengan nilai sebagai berikut:
Hit Point
LevelGen-1Gen-2Gen-3Gen-4
Fresh - - - -
In-Training35415060
Rookie597084101
Champion100120144172
Ultimate169203244293
Mega288346415498


Special Point
LevelGen-1Gen-2Gen-3Gen-4
Fresh - - - -
In-Training781012
Rookie12141720
Champion20242934
Ultimate34414959
Mega586983100


Jogress System
Dalam beberapa kasus, dua digimon bisa bergabung menjadi satu dan naik tingkat dengan bantuan digivice dari dua digi-destined. Ketika proses ini dilakukan, penghitungan poin status dari digimon Jogress ini adalah sebagai berikut:
  • HP = [HPDigimon A + HPDigimon B] * 85%
  • SPC = [SPCDigimon A + SPCDigimon B] * 85%
  • STR = [STRDigimon A + STRDigimon B] * 85%
  • VIT = [VITDigimon A + VITDigimon B] * 85%
  • AGI = [AGIDigimon A + AGIDigimon B] * 85%
Edited by Rapidroid, Feb 13 2012, 02:36 PM.
offline
profile
quote
^^
 
BIFROST

Battle System

Mengingat forum RPF Digital World melibatkan pertarungan yang cenderung teknis, staff-staff memutuskan bahwa sebuah sistem pertarungan untuk memutuskan pemenang dalam pertarungan adalah diperlukan. Sistem pertarungan ini menerapkan empat status turunan yang sebelumnya sudah dijelaskan dalam Status Points dan Abilites di post sebelumnya.

Perlu diperhatikan bahwa sistem ini hanyalah sistem bertarung dasar dengan menggunakan sistem status poin yang disediakan oleh pihak staf, ditambah sistem dice-roll. Pemain di sini sah-sah saja untuk menggunakan sistem lain yang disetujui oleh para partisipan thread.

Siap bertarung?
Untuk setiap pertarungan, tiap pemain memiliki hak untuk memilih aksi: menyerang, bertahan, atau menghindar. Tiap player memiliki hak untuk melakukan satu kali serangan dan satu kali bertahan/menghindar setiap pos.

Untuk menyerang (agar bisa mengurangi HP musuh), gunakan:
Code:
 
[ roll]1d(STR)[/roll]

Untuk bertahan (agar bisa mengurangi kerusakan dari musuh), gunakan:
Code:
 
[ roll]1d(VIT)[/roll]

Untuk menghindar (agar bisa menghindari serangan musuh dan melakukan serangan balik), gunakan:
Code:
 
[ roll]1d(AGI)[/roll]

Sebentar, hubungan ketiganya itu apa?
Dalam eksekusinya, apabila sebuah karakter memutuskan untuk menyerang, maka karakter yang akan diserang memiliki hak untuk bertahan atau menghindar (hanya boleh memilih salah satu, jelas). Nilai kerusakan ditentukan dengan membandingkan nilai serangan dan nilai pertahanan/hindaran; yang paling besar, maka aksi dinyatakan berhasil.

Namun, apa yang membedakan aksi bertahan dan menghindar?

Jika karakter yang diserang memutuskan untuk bertahan, karakter pasti terkena serangan. Apabila nilai pertahanan karakter di atas nilai serangan dari karakter yang menyerang, karakter yang bertahan tidak mendapatkan kerusakan apapun. Sebaliknya, apabila pertahan gagal, karakter yang bertahan mendapat pengurangan HP sebesar selisih dari nilai serangan dan pertahanan.

Jika karakter memutuskan untuk menghindar, bisa jadi karakter menghindari seutuhnya, kemudian melancarkan serangan balasan, atau kena telak. Apabila nilai hindar karakter di atas nilai serangan dari karakter yang menyerang, karakter yang menghindar tidak mendapatkan kerusakan apapun dan dapat menyerang balik senilai dengan 1/2 nilai STRnya ke arah lawan. Sebaliknya, apabila gagal menghindar, karakter yang menghindar mendapat pengurangan HP sebesar nilai serangan karakter lawan (bukan nilai STRnya).

Pusing dengan dua paragraf yang terakhir? Mari saya perjelas dengan tabel sederhana:
AksiBerhasil/GagalDeskripsi
BertahanBerhasilKarakter tidak menerima kerusakan, sehingga HP karakter tidak berkurang.
BertahanGagalKarakter menerima kerusakan senilai dengan selisih nilai kerusakan dan pertahanan
MenghindarBerhasilKarakter tidak mengalami kerusakan dan dinyatakan dapat melawan balik (counter) dengan kerusakan absolut sebesar (1/2)*STR karakter yang menghindar. Pada pos berikutnya, karakter yang tadi menyerang wajib mengurangi HPnya sebesar nilai tersebut.
MenghindarGagalKarakter mendapat kerusakan sepenuhnya, senilai dengan angka kerusakan.


Lalu SPC tadi itu buat apa?
Hampir melupakan itu. Sangat. SPC merupakan nilai spesial yang dimiliki tiap karakter dan dapat digunakan untuk menaikkan nilai serang, bertahan, ataupun menghindar. Dengan demikian, SPC bisa digunakan untuk menaikkan nilai roll dadu, sehingga memperbesar kemungkinan pemain untuk menambah kekuatan serangan/pertahanan/hindaran. Tentu saja, di setiap penggunaan SPC, nilai SPC berkurang sebesar yang diberikan untuk menaikkan nilai status.

Penggunaan SPC bisa dilakukan kapan saja pada status apa saja, dengan format:
Code:
 
[ roll]1d(STR/VIT/AGI)+(SPC)[/roll]

Penggunaan STR, VIT, atau AGI disesuaikan dengan kebutuhan; apabila karakter menyerang, maka gunakan STR; jika bertahan, gunakan VIT; jika menghindar, gunakan AGI.
Edited by Duke, Feb 12 2012, 09:26 AM.
offline
profile
quote
^^
 
Duke
Member Avatar
Dukemon
Peran Digivice
Tidak hanya difasilitasi oleh SPC, setiap karakter diberikan juga kemampuan untuk membantu digimon-nya dalam pertarungan dengan bantuan Digivice, yang dibuat oleh sistem BIFROST dengan berdasarkan 8 sifat arif. Setiap subyek yang masuk ke dalam dunia digital harus memiliki salah satu sifat arif tersebut (karena itu merupakan syarat paling vital untuk masuk ke dalam dunia digital).

Dalam eksekusinya, Digi-Destined berhak untuk memberikan buff satu kali dalam pertarungan, sesuai dengan sifat arif yang ia punya, pada saat itu juga. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
SifatKemampuanFormat Roll
KeberanianNilai kerusakan naik 50%, namun nilai bertahan/menghindarnya turun 50%. Hanya berlaku sekali dan konsekuen.
  1. 1.5 * [1d(STR)+(SPC)]
  2. 0.5 * [1d(VIT/AGI)+(SPC)]
PersahabatanNilai pertahanan/menghindar naik 50%, namun nilai menyerang selanjutnya turun 50%. Hanya berlaku sekali dan konsekuen.
  1. 1.5 * [1d(AGI/VIT)+(SPC)]
  2. 0.5 [1d(STR)+(SPC)]
Kasih-sayang Nilai pertahanan/menghindar milik lawan turun 50%, namun nilai pertahanan/menghindar milik digimon sendiri selanjutnya turun 50%. Hanya berlaku sekali dan konsekuen.
  1. 0.5 * [1d(VIT/AGI)+(SPC)] (milik lawan)
  2. 0.5 * [1d(VIT/AGI)+(SPC)] (milik sendiri)

KeingintahuanNilai kerusakan dihitung maksimum, sesuai dengan nilai STR.Tidak perlu dadu, cukup cantumkan nilai maksimum STR.
KetulusanNilai serangan milik lawan turun 50%, namun nilai serangan milik digimon sendiri selanjutnya turun 50%. Hanya berlaku sekali dan konsekuen.
  1. 0.5 * [1d(STR)+(SPC)] (milik lawan)
  2. 0.5 * [1d(STR)+(SPC)] (milik sendiri)

SolidaritasNilai pertahanan/hindaran dihitung maksimum, sesuai dengan nilai AGI atau VIT.Tidak perlu dadu, cukup cantumkan nilai maksimum AGI atau VIT sesuai dengan aksi yang diambil.
PengharapanPemulihan SPC sebesar 30% nilai SPC yang tersisa.Cukup cantumkan keterangan.
PeneranganPemulihan HP digimon partner sebesar 20% dari total HP maksimumCukup cantumkan keterangan.


Dalam penghitungan, semua nilai di atas harus dibulatkan ke bawah, meskipun nilainya `koma sembilan` sekalipun.
Edit di bagian format roll untuk rumus yang lebih mudah dimengerti.
Edited by ASGARD, Mar 24 2012, 10:15 AM.
offline
profile
quote
^^
 
1 user reading this topic (1 Guest and 0 Anonymous)
« Previous Topic · Compendium of Digital World · Next Topic »

Affilates
Aussie Wizarding School Loistava L'école Digital Journey Et Cetera Reversed Paradigm Gotei13 RPForum Dwindling Nobody
Quick Log In
Username:
Password: